Thursday, August 12, 2010

(SWAT) Special Weapon and Tactics untuk bisnis retail

(SWAT) Special Weapon and Tactics untuk bisnis retail

Saudara pernah dengar kata '' SWAT '' sebelumnya? Special Weapon and Tactics, Tim kepolisian khusus yang dibentuk untuk menghadapi kriminalitas di Amerika. Di dalam dunia marketing juga terdapat apa yang disebut '' SWOT '' yaitu strength, Weakness, Opportunities & Threats yaitu apa yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman bagis bisnis tersebut. Yang dimana SWOT bisa menjadi Special Weapon and Tactics bagi bisnis saudara.

Mari saya beri sedikit contoh, Restoran Mc Donald, memiliki kekuatan sebagai penyedia fast food terbesar di Indonesia, tersebar di berbagai daerah yang mudah dijangkau, kemudian dengan fiture 14045, semua dapat menikmati fasilitas delivery system. Kelemahannya yaitu harganya relatif tinggi untuk sebagian kalangan, peluangnya adalah masyarakat membutuhkan makanan cepat saji yang enak dan efisien. Yang terakhir yaitu ancaman, dimana MC Donald ditolak kehadirannya oleh organisasi organisasi anti kegemukan dan organisasi anti produk dari Amerika. Mengetahui keadaan SWOT pada bisnis saudara sangat penting karena pemanfaatan peluang dan menentukan strategi menjadi lebih sempurna.

Misalnya : McDonald ditolak kehadirannya oleh organisasi anti kegemukan, Macdonald dapat memproduksi produk salad / sayuran untuk menunjukan bahwa Macdonald juga makanan yang sehat, kemudian dapat juga Macdonald mensponsori kegiatan kegiatan olahraga remaja atau pemuda, sebagai wujud kepedulian Macdonald untuk melawan kegemukan.

Sekarang sudah paham kan? Apa itu SWOT dan Tacticsnya? Bagaimana dengan bisnis anda?

No comments:

Post a Comment